PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT, BATU BATA DARI BATUBARA DAN KELOMPOK MANDIRI DI DESA KUALA ENOK KEC TANAH MERAH KAB INDRAGIRI HILIR RIAU

  • DRAJAT SULISTIYONO Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Rina Rina STIM LPI Makassar
  • Makarius Bajari Universitas Papua
Keywords: Program Kemitraan Masyarakat, Batu Bata dari limbah Batu Bara, Kelompok Mandiri

Abstract

Pembuatan batu bata dari batu bara ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus keterampilan khususnya pemanfaatan limbah batu bara dari pembangkit listrik tenaga uap (Fly Ash) menjadi batu bata,  di  Desa Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir Riau, yaitu dari limbah batubara yang belum termanfaatkan menjadi batu bata yang pada akhirnya bermanfaat untuk pembangunan sarana dan prasarana sipil bangunan yang semula memakai bahan kayu dan kemudian memakai batu bata dari batu bara ini. Untuk mencapai tujuan tersebut, PKM yang dilaksanakan mulai Januari sampai Februari 2019 menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Adapun transfer IPTEK dalam kegiatan pelatihan yang telah digelar yaitu: experiment pembuatan batu bata dari baru bara, strategi pemasaran dan manajemen usaha. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa anggota dari Kelompok Mandiri memahami teknik-teknik pembuatan batu bata dari batu bara pemasaran atau segala jenis aktivitas jual beli yang dilakukan dalam pemasaran produk secara secara langsung kepada masyarakat desa Kuala Enok pada khususnya dan Kecamatan Tanah Merah pada umumnya.

References

Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Yogyakarta
Boon, Kurtz (2008). Contemporary Marketing ., New York: Sount-West. Cengage Learning. Breman, Evan (1999). Manajemen Riset Bisnis .
Gomez-Mejia, Balkin, Cardy, 2001, Managing Human Resources, International Edition, Prentice Hall, Inc.,New Jersey
Hogwood, Brian W, and Lewis A. Gunn., 1998. Policy Analysis For The Real Word. Oxford University Press, USA
Ibrahim. 2003. American Journal of Public Health Vol 93, No. 10
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip- prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Basu Swastha dan Irawan. 2003.
Mardikanto, Toto. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta.
Ndraha, Taliziduhu. 2003. Budaya Organisasi.
Jakarta; Rineka Cipta.
Philipus M. Hadjon, 1993, Pengantar Hukum Perizinan, Yuridika Surabaya:

Soumelis. C.G., 1981. Project Evaluation Methodologies and Techniques. Paris. Unesco

WWW. Bappenas. go.id. Peraturan Pemerintah No 36 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Pengedalian dan Evaluasi Rencana Pembanguna. Di akses pada Tanggal 28 Mei 2018.
Published
2021-04-30
Section
Articles