PELATIHAN MANAJEMEN USAHA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) BAGI ANGGOTA BUMDES DAN PERANGKAT DESA DI DESA SUMBERNANGKA KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SUMENEP

  • Miftahol Arifin Program Studi Manajemen, Universitas Wiraraja, Madura
  • Syaiful Anwar Program Studi Manajemen, Universitas Wiraraja, Madura
  • Very Andrianingsih Program Studi Manajemen, Universitas Wiraraja, Madura
  • Unsul Abrar Program Studi Manajemen, Universitas Wiraraja, Madura
  • M. Munir Syam AR Program Studi Manajemen, Universitas Wiraraja, Madura
  • Mohammad Anwar Prodi Hukum Fakultas Hukum, Universitas Wiraraja
Keywords: Pelatihan, Manajemen Usaha, Bumdes

Abstract

Tujuan dari PKM ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang manajemen usaha. Masalah utama bagi mitra adalah kurangnya pemahaman manajemen usaha terutama mengenai perencanaan, pelaksanaan dan strategi pemasaran sehingga pelaku usaha belum dapat mengembangkan usahanya secara optimal. Luaran dari kegiatan yang ingin dicapai adalah agar mitra dapat mengembangkan usahanya disertai dengan kemampuan sumber daya manusia dalam kaitannya dengan manajemen, sehingga operasional usaha dapat berlangsung sesuai dengan peraturan yang ada, dan hasil pelatihan diharapkan dapat mendukung keberhasilan usaha para pelaku usaha di Desa Sumbernangka.

References

Hafidhah, H., & Arifin, M. (2020). Upaya Menciptakan Good Local Governance dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Lembung Timur. COMVICE: Journal Of Community Service, 4(2), 47-52.
Kurdi, M., Kurniawati, D., Andrianingsih, V., Furqani, A., Alfiyah, N. I., & Arifin, M. (2021). The Government's Role in MSMEs Development Through E-Commerce in Sumenep Regency.
Marwansyah. (2012). Manajemen sumber daya manusia edisi kedua. Bandung: Alfabeta
Mathis, Robert L. dan Jackson John H. (2010). Human Resource Management. Edisi Tigabelas, USA: South-Western, Cengage Learning.
Published
2022-04-30
Section
Articles