PENTINGNYA LEGALITAS USAHA BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DESA SEKARKURUNG

  • Zakiah Noer Fakultas Hukum Pendidikan Universitas Gresik
  • Prihatin Effendi Fakultas Hukum Pendidikan Universitas Gresik
  • Rizki Kurniawan Fakultas Hukum Pendidikan Universitas Gresik
  • Mashudi Fakultas Hukum Pendidikan Universitas Gresik
  • Mohammad Nasichin Fakultas Hukum Pendidikan Universitas Gresik
  • Abdul Basid Fakultas Hukum Pendidikan Universitas Gresik
  • Taufiq Harris Manajemen Pendidikan Universitas Gresik
Keywords: Legalitas Usaha, Usaha Usaha Mikro Kecil Menengah, Sistem OSS, Nomor Induk Berusaha

Abstract

Usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Peran penting tersebut telah mendorong Kabupaten Gresik untuk terus berupaya meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).  Sosialisasi dan pendampingan pengurusan Nomor Induk Berusaha Izin (NIB) di Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas melalui Sistem Online Single Submussion (OSS) berawal dan hasil survey bahwa banyak pelaku UMKM yang belum mempunyai izin. Hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB). Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perspektif masyarakat tentang legalitas usaha dalam menjalankam UMKM Pacsa Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitif dengan tipe diskriptif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data dan menyajikan data yang telah diperoleh untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Proses pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan bebas biaya administrasi melalui sistem OSS di smartphone. Manfaat memiliki NIB yaitu UMKM memilki identitas yang jelas, legal, nilai tambah untuk akses permodalan dan dapat mengembangkan usaha dengan mengikuti program-program pemberdayaan dan pembinaan yang diadakan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian Dan Perdagangan.

References

Gresikkab.go.id (2021) https://gresikkab.go.id/berita/328-bupati-gresik-fandi-akhmad-yani-terima-penghargaan-dan-apresiasi-dari-kementerian-investasi-bkpm.
Kresnasari, D., Nurrozalina, R., Sosialisasi dan pendampingan izin usaha mikro kecil (IUMK) di desa karang kemiri kecamatan karang lewas melalui sistem online singgle submission (OSS). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2022, h. 2.
Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Widayanto, M, T., Pujiasturi, A., Yatiningrum, A., Dhani, U, R., Tumini, Sosialisasi pentingnya legalitas usaha dan penjualan online pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2020, h. 240-246.
Published
2024-01-16
Section
Articles