PENYULUHAN MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI MASA RESESI PADA GURU SMK NURUL HUDA V

  • Very Andrianingsih Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
  • Dessy Novitasari Laras Asih Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
  • Dina Kurniawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
Keywords: Resesi, Manajemen Keuangan, Peningkatan Ekonomi Keluarga

Abstract

Pada tahun 2023 banyak keluarga yang merasakan dampak dari resesi ekonomi khususnya bagi guru yang hanya mengandalkan pendapatan dari sekolah. Dimana semua kebutuhan atau harga bahan pokok makanan yang semakin mahal, seperti beras, bumbu-bumbu dapur, dan yang lainnya. Dimana kondisi sampai saat ini masih sangat dirasakan oleh keluarga untuk mengatur manajemen keuangan khususnya oleh guru SMK NURUL HUDA V. Berdasarkan hal tersebut,dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menyadarkan masyarakat (khususnya guru di SMK NURUL HUDA V Di Desa Gingging Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, sebagai pelaku dan pengelola ekonomi keluarga) dan membuka wawasan mereka tetang arti pentingnya dan cara pengelolaan ekonomi keluarga yang baik (meski sederhana) sehingga dapat memenuhi kebutuhan sekarang dan masa yang akan datang. Khalayak sasaran adalah masyarakat Pengabdian pada masyarakat berfokus pada penyuluhan tentang manajemen keuangan yang bertujuan meningkatkan perekonomian keluarga selama masa resesi. Penyuluhan ini melibatkan sosialisasi dan promosi acara, kerjasama dengan pihak terkait, dan penentuan sasaran serta lokasi penyuluhan. Metode yang kami lakukan adalah” melakukan metode ceramah, sosialisasi dan pelatihan pada saat pertemuan dengan siswa SMK Nurul Huda V di Desa Gingging ,Dampak jangka panjang dari penyuluhan diukur untuk menilai kesuksesan program. Tindak lanjut dan pendampingan diberikan agar peserta dapat mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan. Harapannya, penyuluhan ini membantu keluarga mengatasi tantangan resesi dengan lebih baik, meningkatkan pemahaman tentang manajemen keuangan, serta mendorong kemandirian ekonomi untuk membangun perekonomian keluarga yang lebih stabil.

References

Andrianingsih dan Asih. 2022. Pencegahan Financial Distress Melalui Pelatihan Manajemen Kas Keuangan Keluarga Bagi Ibu-ibu Arisandi Desa Gingging. Jurnal Abdimas Sosek. Vol 2 No 3 Desember 2022. ISSN 2775-6971
Anwar, S., Hermanto, B., & Kurdi, M. (2021). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Miskin Di Kecamatan Kalianget. Jurnal Abdimas Sosek (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi), 1(1), 21-23.
Dewi, Ramizah, dkk. 2022. Penyuluhan manajemen keuangan keluarga untuk meningkatkan perekonomian keluarga di masa pandemi covid-19. Journal of Community Service. Vol.4 No. 1 Juni.2022.ISSN 2715-2901
Husnan, Suad., & Pudjiastuti, Enny. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (7rded). Yogyakarta: UPP STM YKPM.
Syahril, S., Abrori, F., Alwiyah, A., & Kurdi, M. (2022). Optimalisasi Penyaluran Zakat Produktif Terhadap Pemberrdayaan Ekonomi Umat. Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 12(2), 166-181.
Published
2023-12-31
Section
Articles