PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI DESA ELLAK DAYA MELALUI PEMANFAATAN BUAH KELAPA

  • Syaiful Anwar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
  • Moh. Kurdi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja http://orcid.org/0000-0002-9094-5803
  • Unsul Abrar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
Keywords: Pemberdayaa Perempuan, Buah Kelapa, Ekonomi Masyarakat

Abstract

Desa Ellak Daya merupakan salah satu daerah pedesaan yang kaya akan potensi buah kelapa sebagai sumber ekonomi utama. Namun, perempuan di desa ini sering menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan pemanfaatan buah kelapa sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pelatihan dan pemberdayaan perempuan di desa menjadi solusi yang diupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka melalui pemanfaatan buah kelapa. Metode pelaksanaan pelatihan akan berfokus pada pendekatan partisipatif dan praktek lapangan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta. Pendampingan dan monitoring akan menjadi bagian penting dalam memastikan perempuan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam usaha kelapa mereka. Dengan penerapan pelatihan dan pemberdayaan perempuan ini, diharapkan perempuan di Desa Ellak Daya dapat meningkatkan produksi dan kualitas produk kelapa, memperluas jangkauan pasar, serta mengoptimalkan potensi ekonomi dari buah kelapa. Peningkatan kesejahteraan ekonomi perempuan ini diharapkan juga akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

References

Anwar, S., Hermanto, B., & Kurdi, M. (2021). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Miskin Di Kecamatan Kalianget. Jurnal Abdimas Sosek (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi), 1(1), 21-23.
Basuki, N., Suhardi, S., Sangadji, S. S., & Mahmud, H. (2021). Pengolahan Kelapa Terpadu, Upaya Peningkatan Nilai Guna Produk di Desa Mataketen Kecamatan Makian Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 333-338.
Hermanto, B., Anwar, M., Santosa, R., & Kurdi, M. (2023). PENDAMPINGAN PEMBERDAYAAN UMKM ZARAFA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS HASIL PRODUK. Jurnal Abdimas Sosek (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi), 3(2), 1-4.
Karouw, S., Santosa, B., & Maskromo, I. (2019). Teknologi pengolahan minyak kelapa dan hasil ikutannya. Jurnal Litbang Pertanian, 38(2), 86-95.
Kartika, M., Hendarmin, H., & Pebrianti, W. (2018). Pelatihan dan pendampingan pengolahan komoditi kelapa. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 1-6.
Kurdi, M., & Fatmawati, F. (2020). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Melalui Pengembangan Agroindustri Di Desa Manding Timur Kecamatan Manding. Jurnal ABDIRAJA, 3(1), 18-21.
Nurdin, M. F. (2021). Pendapatan Dan Nilai Tambah Usaha Pengolahan Kelapa Menjadi Kopra Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. AGROTEKBIS: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 9(5), 1211-1217.
Setiaji, A. B. (2011). Pengembangan Pengolahan Kelapa Terpadu Untuk Industri Kecil Di Perdesaan. Buletin Teknologi Pasca Panen, 7(2), 58-64.
Published
2023-12-31
Section
Articles