DETERMINAN FAKTOR KEADILAN PROSEDURAL DAN INTERAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA

  • Irsal Fauzi Universitas Ngudi Waluyo
Keywords: keadilan prosedural, keadilan interaksional, kepuasan kerja, procedural justice, interactional justice, satisfaction, factors

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh keadilan distributif, keadilan prosedural dan keadilan interaksional terhadap kepuasan kerja pegawai, memberikan implikasi manajerial sebagai bahan pertimbangan manajemen perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pegawainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan pearson correlation, uji reliabilitas dengan cronbach alpha, analisis regresi berganda, uji signifikansi untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran hipotesis penelitian. Hasil pengujian diperoleh hasil bahwa keadilan prosedural dan keadilan interaksional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini, menunjukkan bahwa kepuasan kerja merupakan salah satu akibat utama dari keadilan prosedural. Sehingga keadilan prosedural merupakan suatu fungsi dari sejauh mana sejumlah aturan-aturan prosedural dipatuhi atau di langgar. Pada keadilan interaksional, responden berpendapat perlu adanya perubahan regulasi manajemen yang disesuaikan dengan tuntutan perubahan peran kerja pegawai.

References

Colquitt, J., et al. (2013). Organizational behavior: Improving Performance And Commitment In The Workplace. McGraw-Hill Irwin.

Cropanzano R, et al. (2017). The Management of Organizational Justice. Academy of Management Perspectives. Pg 34-38.

Ferdinand, Augusty. (2016). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mardalis. (2014). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi. Aksara.

Margaretha, Meily & T. Elisabeth Cintya Santosa. (2012). Keadilan Prosedural dan Keadilan Distributif sebagai Prediktor Employee Engagement. Jurnal Manajemen. Vol.12(1).

Noe. (2017). Fundamentals Of Human Resources Management. New York : Mcgraw-Hill.

Saunders, M.N.K., Thornhill, A. dan Lewis, P. (2002). Understanding employees’ reactions to the management of change: An Exploration through an organizational justice framework. Irish Journal of Management, 23 (1), 85- 101.
Published
2022-06-30