Pengaruh Keputusan Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Farmasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI)

  • Elisabeth Ambalele Stim lpi
  • Milka Pasulu
  • Ansar Taufiq
Keywords: Nilai Perusahaan, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Keputusan Dividen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan keuangan terhadap nilai perusahaan pada industri farmasi di bursa efek Indonesia tahun 2011-2015.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan industri farmasi yang terdaftar di Bura Efek Indonesia tahun 2017-2019 sesuai publikasi Indonesian capital market directory (ICMD) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang didasarkan pada pengumpulan data laporan keuangan perusahaan industri farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 20017-2019. Analisis data menggunakan analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keputusan investasi, keputusan pendanaan dan keputusan dividen berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan, 2) keputusan investasi yang diukur dengan return on assets (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, 3) keputusan pendanaan yang diukur dengan debt to equity ratio (DER) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, 4) keputusan dividen yang diukur dengan dividend payout ratio (DPR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan 5) Keputusan investasi yang diukur dengan return on assets (ROA) sebagai variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi nilai perusahaan pada industri farmasi di bursa efek Indonesia tahun 2017-2019

References

Akhtaruddin, M & Hossain, M. 2008. Investment Opportunity Set, Ownership Control and Voluntary Disclosures in Malaysia. JOAAG. 3(2): 25-39

Alfredo Mahendra.2011 .Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Universitas Udayana.

Anugrah, H. F. 2014. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Arie Afzal, Abdul Rohman 2012.Pengaruh Keputusan InvestasiI, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan.Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Ayuningtias, Dwi dan Kurnia. 2013. “Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan : Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi sebagai Variabel Antara”. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.Vol. 1, No.1. Januari

Bandi Anas Wibawa. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Sebelas Maret SNA XII: Purwokerto.

Brigham, E.F., dan J. Houston. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Penerjemah Ali Akbar Yulianto. Edisi Kesepuluh. Edisi Indonesia. Buku II. Salemba Empat: Jakarta

Brigham, Eugene F dan Joel F.Houston. 2010. Dasar–Dasar Manajemen Keuangan: Assetials Of Financial Management. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Darmadji T dan Fakhrudin M.H. 2006.Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono, dan Fakhruddin. 2012. Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

David Sukardi Kodrat dan Christian Herdinata, 2009 Manajemen Keuangan,Yogaykarta:Graha Ilmu.

Devi, Ni Putu Yunita dan Ni Made Adi Erawati. 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, dan Ukuran Perusahaan pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi. 9: 709-716.

Published
2020-11-30